Tempat Sunat Bayi di Jogja | Khitan Bayi - Rumah Sunat Jogja

Tempat Sunat Bayi di Jogja – Sunat sering atau khitan merupakan sebuah tindakan memotong kulit bagian ujung alat kelamin laki-laki. Tindakan ini dilakukan oleh dokter maupun tim medis yang profesional dan berpengalaman. Sunat biasanya dilaksankan pada anak-anak tak terkecuali pada bayi. Semakin dini melakukan sunat bagi laki-laki maka sebakin baik. Di Jogja sekarang ini ada banyak tempat sunat yang melayani sunat bayi salah satunya adalah Rumah Sunat Jogja.

tempat sunat bayi di jogja

Apa kelebihan sunat saat bayi?

Pada umumnya masyarakat melakukan sunat saat anak dalam masa pendidikan dasar yang terbilang tidak terlalu muda maupun terlalu tua. Menurut dr. Johar seoarang praktisi sunat modern “waktu terbaik melakukan sunat adalah saat bayi umur 0-6 bulan karena pada usia tersebut terdapat banyak kelebihan ketimbang melakukannya pada saat usia anak-anak” . Berikut ini beberapa kelebihan melakukan sunat saat bayi.

  1. Cepat Sembuh

Bayi mempunyai sistem pertumbuhan yang pesat sehingga dalam proses penyembuhan sunat pun akan lebih cepat penyembuhannya. Sunat pada bayi dalam penanganannya pun berbeda dengan sunat anak-anak. Di Rumah Sunat Jogja ditanggani oleh dokter serta tim medis yang ahli serta berpengalaman dalam melakukan sunat pada bayi.

Baca Juga: Atasi Fimosis dengan Sunat

  1. Tidak Mengganggu Aktivitas

Sunat pada bayi mempunyai kelebihan tidak menganggu aktivitas, karena pada dasarnya bayi belum punya aktivitas yang penting seperti anak-anak yang bersekolah maupun belajar. Itulah mengapa kecenderungan sunat pada anak-anak dilakukan pada masa liburan.

  1. Minim Resiko Akan Inveksi

Infeksi biasanya terjadi pada luka yang tertutup dan lembab yang menyebabkan bakteri bersarang. Untuk bayi karena tidak banyak bergerak apalagi belum bisa tengkurap, luka sunat akan lebih aman dari gesekan maupun infeksi.

  1. Tidak Menimbulkan Trauma

Sunat saat bayi tidak menimbulkan trauma takut karena bayi belum mengenal apa itu sunat. Sehingga melakukan sunat sewaktu bayi merupakan waktu yang baik untuk menghindari trauma ketakutan akan sunat.

  1. Terhindar dari Penis Tenggelam Karena Obesitas

Melakukan sunat saat bayi dapat menghindari dari kelainan penis tenggelam. Pada pasien yang mengalami obesitas penis kecil dan tenggelam tertimbun lemak sehingga menyulitkan dalam melakunat tindakan sunat.

Metode Sunat Bayi

Untuk sunat pada bayi kami menyarankan menggunakan metode klam yang mempunyai beberapa keunggulan seperti:

  1. Tanpa jahit dan tanpa perban
  2. Pilihan alat: Mahdian (Indonesia), Sunathrone (Malaysia), Alisklem (Turki)
  3. Proses sunat relatif cepat (5 – 10 menit).
  4. Aman, sangat kecil risiko perlukaan pada kepala penis.
  5. Nyeri pasca khitan sangat minimal.
  6. Aktifitas pasca khitan seperti biasa (mandi, bermain, sekolah).
  7. Perawatan pasca khitan sangat mudah (tanpa jahit dan perban).
  8. Alat sekali pakai, terhindar dari risiko penularan penyakit.
  9. Hasil akhir yang kosmetik.
  10. Kekurangan: ada risiko luka basah pasca pelepasan klem. Jika terjadi, proses penyembuhan menjadi lebih lama (anak tanpa keluhan).

Itu tadi beberapa kelebihan melakukan sunat saat bayi. Untuk anda yang mencari tempat sunat bayi di jogja percayakan saja urusan suant bayi anda di Rumah Sunat Jogja. Terdapat beberapa metode yang dapat anda pilih adalam melakukan sunat pada bayi anda serta di dukung oleh tenaga ahli berpengalaman serta peralatan yang memadai.