Metode Khitan Gom co | Mertode Khitan Stapler | Metode Khitan Klamp

Metode Khitan Gom Co – Sunat yang dilakukan menggunakan penjepit Gomco biasanya cepat dan efektif, dan menghasilkan perdarahan yang sangat sedikit  Penjepit Gomco telah menjadi salah satu instrumen terkemuka yang digunakan dalam pelaksanaan penyunatan non-ritual di Amerika Serikat. Perangkat ini populer karena catatan keamanannya dalam mencegah cedera dan pendarahan. 

Teknik Metode Khitan Gom Co

Prosedur ini dapat dimulai setelah informed consent diperoleh dari orang tua dan bayi diidentifikasi dengan benar. Setelah bayi tertahan, daerah penis, skrotum dan selangkangan dibersihkan dengan larutan desinfektan dan diperiksa untuk kelainan anatomi (Gambar 1). Penjepit Gomco diperiksa untuk memastikan lonceng adalah ukuran yang tepat untuk penjepit dan tidak ada cacat (Gambar 2). Daerah ini disiapkan dan blok saraf penis dorsal diberikan, jika diinginkan (Gambar 3a dan 3b), kecuali krim anestetik topikal (seperti 2,5 persen prilocaine dan 2,5 persen lidocaine [Emla]) telah digunakan. Tirai digunakan jika diinginkan.

metode gom co rumah sunat jogja

Gambar 1. Skema representasi anatomi penis neonatal normal.

metode gom co rumah sunat jogja

Gambar 2. Gomco sunat penjepit.

metode gom co rumah sunat jogja

Gambar 3a. Poin yang benar untuk menyuntikkan blok saraf penis dorsal.

metode gom co rumah sunat jogja

Gambar 3b. Anatomi anatomi penis.

Kulup digenggam di kedua sisi garis tengah dengan dua hemostats, berhati-hati untuk menghindari meatus uretra, dan hemostat ketiga atau instrumen lain secara hati-hati dimasukkan ke dalam cincin preputial sampai ke tingkat korona. Alat ini harus digunakan untuk melindungi kulit khatan jauh dari kelenjar untuk menghindari meatus uretra. Hemostat tersapu di sekitar kelenjar di kedua sisi kanan dan kiri, menghindari frenulum ventral. Ini memisahkan sebagian besar adhesi antara lapisan mukosa bagian dalam dan kelenjar. Hemostat dihapus dan kemudian digunakan untuk membuat garis putus-putus pada aspek dorsal tidak lebih dekat dari 1 cm ke sulkus koronal pada kulup. Kulit yang hancur dipotong dengan gunting tumpul, berhati-hati untuk menghindari kelenjar (Gambar 4a).

metode gom co rumah sunat jogja

Gambar 4a. Duri dan cacian dorsal

Baca Juga: Khitan Modern Metode Klamp

Kulit khatan kemudian ditarik proksimal menggunakan hemostats, mengekspos kelenjar. Adhesi yang tersisa secara blak-blakan dibagi menggunakan probe tumpul atau kain kasa sampai seluruh sulkus koronal terlihat. Perawatan harus diambil untuk menghindari frenulum ventral untuk mencegah perdarahan. Kulit khatan kemudian ditarik di atas kelenjar, dan lonceng penjepit Gomco dimasukkan ke atas kelenjar (Gambar 4b). Beberapa metode untuk menarik kulup melalui lubang pelat dasar di sekitar lonceng dijelaskan nanti dalam artikel ini. Batang lonceng kemudian bermanuver melalui lubang bersama dengan kulup setelah jumlah kulup yang akan dihapus telah ditentukan (Gambar 4c). Jumlah sisa kulit batang dievaluasi dan dapat disesuaikan untuk panjang dan simetri (Gambar 4d).

metode gom co rumah sunat jogja

Gambar 4b. Pemasangan lonceng di atas kelenjar.

metode gom co rumah sunat jogja

Gambar 4c. Memegang tepi celah dorsal dan memasukkan lengan bel melewati lubang pelat.

metode gom co rumah sunat jogja

Gmbar 4d. Menarik kulup ke atas dan menyesuaikan lonceng dan pelat dasar.

Lengan ayun (pelat atas) dari klem Gomco kemudian dipasang (jika ini belum dilakukan sebelumnya) dan dibawa ke takik pelat dasar. Lengan lonceng ditempatkan ke dalam kuk, dan mur dikencangkan, menghancurkan kulit khatan antara bel dan pelat dasar (Gambar 4e). Sebuah pisau bedah kemudian digunakan untuk memotong kulit khatan pada tingkat pelat dasar (Gambar 4f). Kacang tersebut kemudian dilonggarkan, dan pelat atas dan dasar dikeluarkan dari bel. Kulit batang kemudian dilepas lonceng di garis sayatan menggunakan kasa dengan traksi ringan, untuk mengambil tempatnya di bawah korona.

metode gom co rumah sunat jogja

Gambar 4e. Perakitan akhir.

metode gom co rumah sunat jogja

Gambar 4f. Menghilangkan kulup.

Penis harus diperiksa mengikuti prosedur untuk tanda-tanda perdarahan, dengan perhatian khusus pada daerah frenulum ventral. Dressing petroleum jelly atau petroleum kasa harus diterapkan dengan lembut. Orang tua harus diberi konseling tentang proses penyembuhan. Retraksi lembut pada kulit batang mungkin diperlukan jika mengganggu pada kelenjar. Petroleum jelly dapat diaplikasikan secara bebas pada perubahan popok sampai glans re-epithelializes.