SUNAT DEWASA, HMMM… APA TUH ?

SUNAT DEWASA, HMMM… APA TUH ?

Sunat Dewasa di yogyakarta | Sunat itu jika kita telaah lebih dalam ternyata tidak hanya sekedar menjalankan kewajiban sebagai pria muslim. Sebenarnya besar sekali manfaat jika seorang pria itu melakukan sunat. Sunat atau khitan merupakan tindakan pembedahan yang sudah dilakukan sejak ratusan tahun lalu dan hingga saat ini. Dalam istilah medis, sunat dikenal juga dengan sirkumsisi, yang berarti pembuangan sebagian kulup penis. Manfaat sunat ini akan menghindarkan pria dari penyakit penyakit kelamin yang berbahaya. Sunat juga dianjurkan WHO karena prosedur tersebut dapat mengurangi risiko penularan penyakit menular seksual, antara lain Human papillomavirus (HPV) dan infeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV), serta dapat mencegah penyakit pada penis seperti kanker penis. Makanya di negara Amerika, banyak sekali pria dewasa yang melakukan tindakan ini karena melihat manfaatnya yang luar biasa. Sekarang semakin banyak pria yang sadar akan kesehatan reproduksinya sehingga banyak pria dewasa yang melakukan sunat.

Seperti halnya yang dilakukan oleh artis Marshel Widianto yang melakukan sunat di usia 23 tahun dengan alasan untuk kesehatan. 

BERIKUT INI MANFAAT SUNAT Dewasa

  • MENGURANGI RESIKO INFEKSI SALURAN KEMIH

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah kondisi di mana terjadinya infeksi pada organ yang termasuk di dalam sistem kemih, yaitu ureter, ginjal, kandung kemih, dan juga uretra. Umumnya, infeksi tersebut menyerang dua area, yaitu uretra dan juga kandung kemih.

  • MENGURANGI RESIKO KANKER PENIS

Kanker Penis ini terjadi karena tidak bersihnya area penis terlebih lagi jika tidak disunat. Maka penting sekali menjaga kebersihan area penis untuk kesehatan.

  • MENCEGAH PERADANGAN PENIS

Sunat juga dapat mencegah peradangan yang terjadi pada penis atau istilah medisnya balanopostitis. Dari hasil studi menunjukkan bahwa peradangan pada penis lebih tinggi 3-10 % pada pria yang tidak disunat.

  • MENGURANGI RESIKO HIV

Pria yang tidak disunat sangat rentan terhadap resiko penularan HIV. 

  • MENCEGAH PENYAKIT MENULAR SEKSUAL

Dengan melakukan sunat, juga dapat mencegah penyakit menular seksual seperti GO dan sifilis.

APAKAH DENGAN SUNAT ITU JUGA BERDAMPAK PADA SEKSUALITAS ?

 

Dampak positif sunat itu untuk pria dewasa sangat banyak termasuk yang berhubungan dengan kepuasan seksualitas.

Praktisi kesehatan seksual dr. Boyke Dian Nugraha SpOG MARS memaparkan tentang sejumlah dampak positif sunat, khususnya sunat untuk pria dewasa. Di antaranya adalah mengurangi resiko tertular penyakit menular untuk pasangannya. “Hal ini karena sunat terbukti membuat penis lebih bersih dan sehat,” jelasnya.

Penelitian menunjukkan, penularan seperti infeksi HPV atau Human Papillomavirus dan bahkan HIV bisa diturunkan. Penelitian di 3 negara Afrika, menurut dr. Boyke, menunjukkan kejadian HIV/AIDS lebih rendah 50-70% pada pria yang disunat dibandingkan yang tidak disunat.

Disamping HIV dan HPV( penyebab utama kanker serviks dan kanker rongga mulut dan tenggorokan yang diduga ditularkan melalui oral seks). Penyakit menular seksual dapat dicegah, dengan sunat bagian penis menjadi lebih bersih dan bakteri bakteri yang bersembunyi dapat dibersihkan secara tuntas.

Meskipun terbukti bermanfaat untuk kesehatan, menurut Boyke, tidak ada perbedaan yang signifikan dalam hal performa seksual pada pria yang disunat dengan yang tidak disunat. “Hanya mungkin secara estetika bentuknya menjadi lebih bagus pada penis pria yang disunat, tetapi tidak ada pengaruhnya pada kepuasan seksual,” jelas dr. Boyke.

Baca Juga Artikel Tentang Sunat bayi di Yogyakarta

METODE SUNAT YANG DISARANKAN UNTUK PRIA DEWASA

Untuk orang dewasa metode sunat yang biasanya disarankan adalah dengan METODE LASER atau METODE GUN STAPLER. 

METODE LASER karena perlekatan kulit setelah tindakan itu akan lebih rapat jika dijahit. Metode laser berkembang setelah metode konvensional karena metode ini dianggap paling minim pendarahan sehingga risiko perdarahan bisa diminimalisir. Hanya saja, risiko luka terbuka tetap saja ada karena setelah prosedur dilakukan, perlu dijahit lagi. 

METODE GUN STAPLER sudah banyak digunakan terutama untuk remaja dan dewasa. Jika dibandingkan dengan metode sunat konvensional, dalam metode gun stapler ini membutuhkan waktu yang lebih singkat tindakan, sekitar 10-15 menit. Risiko terjadinya komplikasi seperti bengkak atau luka yang terbuka kembali setelah operasi, lebih sedikit dibandingkan sunat konvensional. Namun, semua itu tetap saja bergantung pada praktisi sunatnya.Maka perlu diperhatikan juga tindakan sunat pada pria dewasa harus dilakukan oleh dokter yang profesional dengan menggunakan alat yang sudah terstandar dan aman. Tindakan sunat pada pria dewasa butuh penanganan khusus, tidak semudah pada anak-anak.

Tapi pilihan itu juga tergantung dari pribadi masing masing jadi sebaiknya sebelum memilih metode laser yang mau digunakan, berkonsultasilah pada dokter atau praktisi sunat profesional. Konsultasikan kondisi anda dengan sebenarnya, karena mengingat banyak faktor yang harus diperhatikan ketika melakukan sunat ketika sudah dewasa. Yang pasti dengan melakukan sunat akan lebih terjaga kesehatan reproduksi diri sendiri dan pasangannya.

 

Ayo Gabung Bersama Ribuan Alumni Kami !